Angpao atau Angpau?


Bismillaah…

Image

Saya penasaran, mana penulisan yang benar, angpao atau angpau??

Dari beberapa sumber ternyata menyatakan bahwa penulisan yang benar adalah angpau. Berikut beberapa sumber yang mendukung:

  1. Wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/Angpau)
    Dalam kebudayaan masyarakat China dan Asia, angpau (Hanzi: 紅包, pinyin: hóngbāo) adalah bingkisan dalam amplop merah yang biasanya berisikan sejumlah uang sebagai hadiah menyambut tahun baru Imlek atau perayaan lainnya. Dialek Hokkien menyebutnya angbaoMin Nansebagai angpauKantonis sebagai lai see (利市/利是), Vietnam sebagai lì xì, dan Korea sebagai sae bae don (세뱃돈/歲拜돈).
  2. Kamus Besar Bahasa Indonesia (http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php)
    ang·pau Cn n 1 amplop kecil untuk tempat uang sumbangan yg diberikan kpd orang yg punya hajat (perkawinan dsb) dl adat Cina; 2 hadiah atau pemberian uang (pd hari Tahun Baru Cina dsb).
  3. Goodreads (http://www.goodreads.com/book/show/13414402-kau-aku-sepucuk-angpau-merah)
    Kau, Aku & Sepucuk Angpau Merah
    by Tere Liye (Goodreads Author)
    Ada tujuh miliar penduduk bumi saat ini. Jika separuh saja dari mereka pernah jatuh cinta, maka setidaknya akan ada satu miliar lebih cerita cinta. Akan ada setidaknya 5 kali dalam setiap detik, 300 kali dalam semenit, 18.000 kali dalam setiap jam, dan nyaris setengah juta sehari-semalam, seseorang entah di belahan dunia mana, berbinar, harap-harap cemas, gemetar, malu-malu menyatakan perasaanya.
    Apakah Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah ini sama spesialnya dengan miliaran cerita cinta lain? Sama istimewanya dengan kisah cinta kita? Ah, kita tidak memerlukan sinopsis untuk memulai membaca cerita ini. Juga tidak memerlukan komentar dari orang-orang terkenal. Cukup dari teman, kerabat, tetangga sebelah rumah. Nah, setelah tiba di halaman terakhir, sampaikan, sampaikan ke mana-mana seberapa spesial kisah cinta ini. Ceritakan kepada mereka. [cut]
  4. Glosarium arti kata (http://glosarium.org/arti/?k=angpau)
    angpau : kb, amplop berisi uang untuk sumbangan hajatan.

Sumber:

http://bahasa.kompasiana.com/2013/08/08/ampau-angpao-atau-angpau-582953.html

3 thoughts on “Angpao atau Angpau?

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.