9 Bukti Bahwa Ping-pong adalah Olahraga yang Berasal dari Indonesia


ping-pong

(sumber gambar: http://media.salon.com/2012/12/ping-pong-1220-1280×960.jpg)

Ping-pong atau dikenal umum sebagai Tenis Meja, adalah salah satu cabang olahraga yang telah dikenal luas oleh dunia dan telah menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan secara resmi, baik dalam olimpiade, maupun kompetisi tingkat nasional/internasional lainnya. Namun, tahukah kita bahwa Ping-pong sebenarnya berasal dari Indonesia. Berikut adalah beberapa alasan kuat yang menunjukkan bahwa olahraga Ping-pong berasal dari Indonesia.

1. Dalam tulisan sejarah, dikenal nama David Foster, pria berkebangsaan Inggris yang disebut-sebut sebagai orang yang pertama kali memainkan permainan Ping-pong pada tahun 1890. Namun, kita tahu bahwa jauh-jauh hari sebelumnya, sekitar tahun 1800-an awal, permainan ini telah dibentuk sebagai salah satu hasil akulturasi antara model administrasi birokratif Eropa dengan pemerintahan lokal kerajaan-kerajaan di Indonesia, yang dikenal dengan nama cultuurstelsel.

2. Di China, permainan Ping-pong pernah menjadi saksi bisu gelombang Revolusi Kebudayaan di era 1960-an. Pada masa itu, Ping-pong menjadi salah satu perangkat ideologi Partai Komunis di bawah kendali Mao Tse-tung untuk melakukan indoktrinasi. Padahal, sekitar tahun 1930, sebelum perang dunia II, Ping-pong sudah banyak dimainkan oleh orang-orang pribumi Indonesia di balai-balai pertemuan Belanda sebagai permainan rekreasi. Pada tahun 1930 itu pula lah PPPSI (Persatuan Ping-pong Seluruh Indonesia) pertama kali didirikan.

3. Di era orde baru, permainan Ping-pong ini semakin populer, khususnya di ranah birokrasinya. Jika Anda tidak lengkap dari segi “administratif”, maka jangan harap Anda akan terlepas dari Ping-pong.

4. Dalam olahraga Ping-pong dikenal adanya istilah “service”, yaitu pemukulan bola pertama yang dilakukan oleh pemain. Jika tidak melakukan service yang benar dan memuaskan, maka jangan harap negosiasi atau tender proyek Anda akan lancar. Siap-siap saja di-ping-pong hingga mencapai titik never-ending story.

5. Alat pemukul yang disebut “bet” mempunyai arti “bertaruh” atau “mempertaruhkan”, yang berarti jika Anda tidak berani bertaruh dalam jumlah signifikan, maka jangan bermimpi bahwa keluarga atau sanak famili Anda akan diterima dalam instansi dan asosiasi “pemain ” Ping-pong nasional.

6. Dalam olahraga ini juga dikenal alat pembatas yang disebut “net”, asal kata dari “Nett” atau “Netto”, yang berarti “pase piro” (pasnya berapa), atau yang lebih mainstream sekarang “wani piro” (berani berapa). Jika Anda masih canggung dengan besaran net ini, atau kurang lihai dalam mengukur secara presisi berapa tinggi net, maka sudah pasti Anda akan terkena Ping-pong.

7. Semakin tinggi level kompetisi suatu instansi perkumpulan “pemain”, maka akan semakin banyak ping-pong yang terjadi. Grafik ping-pong yang terjadi di RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, Pemkot, Pemda, hingga Pemerintah Pusat akan selalu naik secara eksponensial berbanding lurus terhadap kualitas “service”, harga “bet”, dan tingginya “net”. Hal ini juga menunjukkan bahwa Ping-pong memang sudah mengakar di seluruh lembaga atau instansi di Indonesia, tanpa terkecuali.

8. Dari kota hingga desa, maupun daerah pelosok, semua kalangan sudah mengenal permainan Ping-pong ini. Hal ini juga membuktikan bahwa Ping-pong sudah menjadi budaya yang turun temurun dari bangsa ini, bahkan melebihi sepak takraw, badminton, gobak sodor, dan permainan lain sejenisnya.

9. Yang terakhir, Pong Harjatmo (sering dikenal sebagai: kathok mlorot) adalah salah satu artis orang Indonesia asli yang nama depannya diilhami dari permainan Ping-pong.

**Catatan: sebagian informasi di atas adalah fakta, sebagian lagi “maksa”, sebagian lagi plesetan, dan sebagian yang lain merupakan curhat dari pengalaman… 😀

Sumber terkait:

http://thepenguinus.blogdetik.com/2010/07/20/hikayat-ping-pong-ping-pong-atau-tenis-meja/

http://alpanirizka.blogspot.com/

http://id.wikipedia.org/wiki/Birokrasi_di_Indonesia

Advertisements

2 thoughts on “9 Bukti Bahwa Ping-pong adalah Olahraga yang Berasal dari Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s