gograber

GoGraBer [Aplikasi Anti Solusi Untuk Semua Transportasi]


Bismillah…

Disclaimer

Mohon agar membaca dengan seksama disclaimer serupa yang pernah saya tulis di sini. Semoga kurang bermanfaat. Karena kalau kurang, akan ada kebutuhan untuk nambah lagi. Tetap semangat untuk kita semua. Go Go Power Ranger Go Go GoGraBer…

Di tengah merebaknya konflik horizontal antara jasa taxi online dan konvensional, muncullah berbagai asumsi di kalangan masyarakat. Ada yang menyatakan setuju kalau jasa taxi online dibubarkan, karena bagaimanapun juga jasa transportasi publik haruslah dilengkapi dengan serangkaian prosedur perizinan hingga dinyatakan laik beroperasi oleh Dinas Perhubungan setempat. Yang mana proses ini sudah dilakukan oleh armada-armada taxi konvensional. Namun mungkin jauh lebih banyak, terutama di kalangan konsumen, yang menyatakan tidak setuju, karena kehadiran penyedia jasa transportasi online ini justru menjadi solusi bagi sebagian besar masyarakat yang merasakan kurangnya kualitas pelayanan yang diberikan oleh taxi konvensional selama ini. Lebih murah, praktis, bisa diakses kapanpun dan dimanapun, dan yang paling penting adalah faktor kenyamanan. Setidaknya itulah sebagian keunggulan manfaat yang diserukan para pengguna jasa taxi online.

Apapun yang terjadi nanti, mari kita doakan yang terbaik untuk peningkatan kualitas jasa transportasi darat dalam kota di negara ini, khususnya taxi, dan angguna **angkutan jaman kapan ini?? lupakan… Eh, tapi ternyata ada lho aplikasi yang “katanya” bisa menjadi solusi yang cukup menjembatani konflik antara taxi online dan konvensional. Semacam kompetitornya aplikasi taxi online gitu, namanya GoGraBer. Tagline-nya sih sepertinya OK, Anti Solusi Untuk Semua Transportasi. Mungkin semacam memberikan solusi tanpa solusi. Seperti menyelesaikan masalah tanpa masalah. Whatever lah…

GoGraBer

GoGraBer adalah aplikasi mobile untuk pemesanan taxi dengan cara yang berbeda dan lebih sederhana dibanding aplikasi-aplikasi taxi online pada umumnya. Jika aplikasi yang lain memerlukan koneksi internet agar bisa bertransaksi, maka GoGraBer tidak memerlukannya secara khusus. Yaa, minimal buat download saja. Bagaimana caranya? Simpel, hanya dengan memanfaatkan fungsi pengiriman dan penerimaan SMS. “Buat apa internet cepat? Kalau dengan fitur paling dasar seperti SMS saja bisa.”, mungkin itu gambaran visi PRIMITIF si pengembang aplikasi ini. Mungkin sekalian dalam rangka mempertahankan tradisi dan kearifan lokal yang diusahakan seminimal mungkin terkena pengaruh teknologi.

gograber
Tampilan Splashscreen GoGraBer

GoGraBer — Go-grab-er — (baca: Go grab her!) Mungkin sangat pas dengan target utama dari GoGraBer, yaitu kaum ibu-ibu yang rempong dengan seabreg barang-barang belanjaannya. Belum lagi yang sekaligus membawa rombongan baby sitter beserta anak-anaknya yang suka heboh. Atau mbak-mbak kantoran berdompet tebal tapi ga terlalu hafal jalan dan tidak keberatan diajak berkeliling kota melihat pemandangan sekitar walaupun hanya berputar-putar di satu kawasan itu-itu saja. Sungguh merupakan segmentasi pasar yang sangat tajam.

gograber
Tampilan Home GoGraBer

Fitur

Berbicara soal fitur, GoGraBer dari awal sudah sangat spesifik menjadi aplikasi yang hanya dapat membantu dalam hal pemesanan taxi thok. Tidak seperti para startup di bidang aplikasi mobile lainnya yang butuh bulanan, bahkan tahunan untuk mencapai PIVOT yang diinginkan. Walaupun begitu, GoGraBer tetap menyajikan satu paket fitur utama yang OK punya, diantaranya:

  • Pesan Taxi via SMS Gratis
    Istimewanya, tarif SMS yang diberikan adalah GRATIS. Kok bisa? Ya, karena sesuai dengan jingle dari GoGraBer — Go Go GoGraBer yang artinya di awal kita diberi “penawaran voucher” berupa monthly REG seharga GOban, dan otomatis diberikan paket daily push sebesar GOceng, kalau tidak ada ya GOpek, kalau masih ada sisa pulsa GOcap juga tidak apa-apa. Keren bukan. Dari situ kita bisa dapat 30x pemesanan taxi secara GRATIS… ingat GRATIS.

  • Pilih Warna Taxi Favoritmu
    Yang kedua, GoGraBer benar-benar memberikan kebebasan kepada pelanggannya untuk memilih warna armada taxi favoritnya. Ada yang bernuansa biru langit seakan kita dibawa terbang oleh BURUNG ke udara, ada yang putih polos sebagai simbol kebebasan berEKSPRESI, ada pula yang berwarna campuran merah dan kuning dengan komposisi yang selalu bervariasi dan berGANTI-GANTI. Lengkap, bahkan jauh lebih lengkap daripada kelima warna balon kesukaan kita waktu kecil.

  • Panic Button
    Tidak hanya command center-nya Pemkot Bandung saja yang mempunyai aplikasi atau fitur panic button. GoGraBer juga menyediakan fitur serupa. Panic button disimbolkan sebagai sarung tinju dan tangan berotot yang seolah-olah memberikan pesan: “Lepaskanlah ikatanmu dengan aku biar kamu senang. Pakailah sarung tinjumu biar kamu menang.“. Jadi, jangan khawatir, fitur panic button ini biasanya akan benar-benar efektif membantu pelanggan, khususnya pelanggan yang cantik dan sedang sendirian di dalam taxi.

gograber
GoGraBer UI

Kelebihan

Selain itu, GoGraBer juga mempunyai banyak sekali kelebihan, yaitu:

  1. Tidak Perlu Ada Google Map
    Peta digital itu merepotkan, bikin ribet, dan hanya digunakan untuk orang-orang yang tidak tahu medan, tidak hafal jalan. Supir-supir taxi yang tergabung di dalam GoGraBer dipastikan BUKAN orang-orang yang seperti itu. Adapun tampil peta digital di aplikasinya, itu hanyalah sebuah ornamen statis untuk mempermanis interface-nya agar terlihat kekinian. Benar-benar aplikasi yang simpel.

  2. Jumlah Armada Melimpah
    Tidak perlu khawatir, jumlah armada taxi yang telah bekerja sama dengan GoGraBer ada banyak sekali. Mungkin bisa dikatakan melimpah ruah. Di ibukota saja “denger-denger” ada sekitar 12 ribuan. Belum di kota-kota lainnya. Jadi tidak perlu khawatir, tidak perlu buru-buru dan rebutan juga. Karena pasti banyak armada yang available. Kalau tidak percaya, bisa dicek secara langsung di TKP. Biasanya di sepanjang jalan sekitar stasiun, pusat perbelanjaan (mall), atau menjadi penguasa bandara.

  3. Resmi Berplat Kuning
    Soal perizinan transportasi, tidak perlu dipertanyakan lagi. Semua armada yang tergabung dalam GoGraBer sudah pasti berplat kuning. Yang artinya telah resmi dinyatakan sebagai alat transportasi publik yang cukup memadai, seperti layaknya bajaj, angkot, dan metromini. Hanya saja beda harga “tipis” karena mempunyai fasilitas AC yang kadang terpaksa dimatikan agar AWET dan tahan lama.

  4. Data Pelanggan Aman
    Ada desas-desus yang mengatakan bahwa data pelanggan aplikasi taxi online bisa saja dijual kepada pihak asing, karena memang hanya itulah aset berharga yang dimiliki oleh aplikasi online saat ini. Tapi tidak untuk GoGraBer. Jangankan isu keamanan data pelanggan, bahkan proses registrasi data pelanggan saja tidak ada, karena memang offline. Jadi, dapat dipastikan data kita aman 100%.

  5. Manusiawi
    Saking manusiawinya, GoGraBer seringkali TIDAK melibatkan perangkat digital dalam operasinya, termasuk ARGO. Digitalisasi pada proses pelayanan berarti menganggap pelanggan hanyalah robot. Tidak ada sisi kemanusiaannya di situ. Tidak ada kompromi, tidak ada proses tawar menawar seperti halnya ketika melakukan transaksi borongan. Dan karena menjunjung tinggi kemanusiaan, maka jangan heran kalau nanti banyak local wisdom aspect yang ditonjolkan di dalam armada-armada GoGraBer, seperti bau badan natural, aroma wangi alkohol yang kadang diperlukan untuk menjaga pikiran kita tetap rileks, atau pesingnya esens urea yang membawa kita ke nuansa kebon ternak penuh ilalang yang tumbuh di antara genangan air selokannya.

  6. Standardisasi Tarif
    Untuk mengeliminasi perdebatan akibat kekurangan-kekurangan pada taxi konvensional, GoGraBer membuat standardisasi tarif. Tarif yang berlaku di GoGraBer haruslah bulat. Dan sekali lagi karena sesuai dengan jingle-nya Go Go GoGraBer, maka tarif bulat terkecil adalah Goban (Rp. 50rb), pembulatan ke atas, dan berlaku kelipatannya. Sehingga, meminimalisir konflik, entah karena ada oknum yang tidak mau narik kalau jaraknya dekat lah, entah karena isu uang kembalian yang tidak pernah kembali lah, atau alasan klasik mau pulang ke pool gara-gara tujuan calon penumpang tidak memenuhi syarat. Dengan adanya standardisasi ini harusnya sudah tidak ada lagi ekpresi luapan keramahan dan kebahagiaan supir taxi dengan aksi banting uang receh dari pelanggan yang jumlahnya pas persis sesuai argo. Yaa karena ga akan ada lagi uang receh. Simpel kan…

Kesimpulan

GoGraBer merupakan aplikasi yang cukup OK, simpel, dan prestise (berkelas). Jika dicari padanannya, mungkin seperti stiker Apple yang ditempelkan di belakang kaca mobil. Desainnya tetap OK di semua merk mobil. Simpel hanya berupa stiker tanpa tulisan. Namun berkelas karena didapat dari pembelian produk Apple yang harganya sama sekali tidak rasional. Seakan-akan yang punya mobil selalu merasa was-was, kalau-kalau ada orang yang nekat memecah kaca belakangnya. Tapi seneng campur bangga, karena memang bergengsi, menaikkan kasta sosial si empunya sekian derajat di atas rata-rata orang awam. Itulah GoGraBer. Go Go GoGraBer!!!

Kamis, 17 Maret 2016 pukul 23:32 WIB

Link Terkait

http://news.detik.com/berita/3163890/ketika-taksi-mengeluh-soal-uber-dan-grab-kami-petinju-tapi-tangan-diikat

http://news.detik.com/berita/3164843/selamat-tinggal-taksi-murah-taksi-online-yang-nyaman

https://www.orakarik.com/2016/01/grab-taxi-berganti-menjadi-grab-apa-bedanya-cara-installnya/

http://www.iconarchive.com/tag/sport

http://www.icon2s.com/32916/android-icons/black-white-android-taxi/

26 thoughts on “GoGraBer [Aplikasi Anti Solusi Untuk Semua Transportasi]

  1. Keren, keren. Tarifnya sudah pas, cukup kelipatan 50 ribu untuk menghindari konflik antara customer dengan dan sopir. Bila perlu ditambahkan juga fitur untuk menghentikan taxi kapan saja, hahaha…

    Liked by 1 person

  2. Mudah-mudahan ada jalan tengahnya deh Mas buat polemik transportasi daring ini :hehe. Kemunduran banget kalau kita kembali ke zaman purbakala hanya karena keinginan segelintir konglomerat. Ya udah saingan aja sik, mana yang memberi pelayanan paling bagus kan itu yang akan dipilih masyarakat *ngomong apa saya ini*. Sebagai konsumen tentu saja saya mendukung keberadaan transportasi daring…

    Liked by 1 person

  3. Om om… saya mau panic button nya dong om. Bikinin khusus buat saya. Kalau saya pencet langsung ke bulan gitu om. Bisa gak?

    Konsepnya bikin nguakak tapi pesannya dapet. Keren om. Lama tak sua kita om. muncul2 dengan post kayak gini. ajiiib

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s