RESTU - Restu’s an Engine for Synthetic Thespian Units

RESTU – Restu’s an Engine for Synthetic Thespian Units


Bismillaah…

Ah… jadi teringat. Ada kenangan berharga yang belum sempat terdokumentasikan di blog ini. Kenangan beberapa tahun lalu ketika ber-thesis ria dengan rekan-rekan yang sangat luar biasa semangatnya hingga jadilah produk purwarupa (prototype) RESTU – Restu’s an Engine for Synthetic Thespian Units. RESTU merupakan salah satu bentuk embodied conversational agent (ECA) yang dikembangkan berdasarkan konsep awal sebagai agent yang dapat berkomunikasi dan berinteraksi secara verbal dengan manusia. RESTU memiliki representasi karakter virtual berbentuk manusia dalam dunia grafis 3D. Konsep bahasa verbal yang diusung RESTU adalah penggunaan bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasinya. Sehingga RESTU dapat diajak berkomunikasi menggunakan antarmuka bahasa sehari-hari, bahasa Indonesia.

RESTU - Restu’s an Engine for Synthetic Thespian Units
Diagram Blok RESTU

Sampai sekarang sepertinya belum ada pengembangan lebih lanjut untuk produk ini. Untuk video demonya dapat dilihat pada cuplikan berikut ini.


Credits
Pak Ary Setijadi Prihatmanto, Pak Tunggal Mardiono, Aditya Arie Nugraha, Nur Ichsan Utama, Erik Prabowo Kamal, Willy Derbyanto, Rio Andita Setiabakti (Alm.), M. Hakim Adiprasetya, Rousan Fikri.
Catatan: di sini saya hanya berperan sebagai “pupuk bawang” dan model amatiran untuk video di atas… hihihi

17 thoughts on “RESTU – Restu’s an Engine for Synthetic Thespian Units

    1. Iya, Ira. Banyak sih sebenernya istilah IT yang sudah di-Indonesia-kan. Ada beberapa yang aneh, tapi sebagian besar menurut saya sih bagus. Mungkin faktor kebiasaan saja yang perlu dilatih. Semoga dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. 🙂

      Like

    1. Alhamdulillaah purwarupa yang terdiri atas fungsi-fungsi utamanya sudah berhasil jadi kok Pak. 🙂
      Tinggal pengembangan ke arah produk yang benar-benar layak jual itu belum.

      Like

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.