sketch itachi iklan

10 Iklan TV dengan Jingle Paling Populer


Bismillaah…

Dulu saya sempat bertanya-tanya, itu kenapa ya ngiklan di TV bisa mahal bingits. Dengan durasi belasan detik saja harganya bisa mencapai orde M. Padahal kalau dipikir-pikir, siaran TV itu kan modelnya broadcast. Langsung disebar tanpa tahu dan peduli dengan berapa jumlah receiver (pesawat TV) yang menyetelnya, di mana lokasinya, apa merknya, dan channel apa saja yang ditonton. CMIIW ya, barangkali sudah ada teknologi tertentu yang bisa mendeteksi. Kecuali TV kabel, itu lain soal ya. Apalagi profiling pengguna tiap unit TV, hampir pasti tidak bisa terlacak. Tidak seperti aplikasi mobile atau media web yang notabene (sewajarnya) sudah ada mekanisme analytics-nya. Tapi tetap, secara rata-rata nilai pemasangan iklan per satuan waktunya tidak ada apa-apanya dibanding TV.

Ternyata, setelah saya pikir-pikir lagi, TV itu bisa mahal karena memang merupakan barang konsumsi sehari-hari bagi sebagian besar penduduk dunia, khususnya Indonesia. Tidak seperti internet yang belum terpenetrasi seluas jangkauan TV. Apalagi perangkat mobile yang sangat segmented penggunanya. Mungkin, mungkin ya, bisa jadi benar atau tidak, tren penggunaan TV masih akan sangat jauh melampaui penggunaan media-media lainnya, termasuk internet, aplikasi mobile, media cetak, dan bahkan radio sekalipun. Apalagi era TV digital sudah sempat digaung-gaungkan keberadaannya dari setahun-dua tahun yang lalu oleh Kemenkominfo. Semakin lengkap sudah.

Apa hubungannya? Yaa… karena merupakan barang konsumsi sehari-hari, maka sudah pasti TV merupakan media yang paling efektif dalam menyampaikan iklan suatu produk, jasa, atau layanan masyarakat. Lucunya kadang sebagian besar dari kita justru lebih hapal dan melekat di luar kepala soal slogan-slogan iklan ketimbang acara TV-nya itu sendiri. Kalau ada yang masih ingat film Dragon Ball-Z yang dulu diputar setiap hari minggu pagi di salah satu acara stasiun TV swasta. Itu kalau tidak salah jam tayangnya dari jam 08:30 sampai 09:00. Hanya setengah jam. Sementara saya pernah iseng menghitung durasi penayangan iklan-iklannya. Total sudah 15 menit sendiri. Artinya apa? Porsi jam tayang untuk iklan di TV memang sangat besar. Dan misi pengiklan pun sukses. Karena kita sudah otomatis ter-brainwashed oleh tontonan sehari-hari yang ada di TV.

sketch itachi iklan

Metode Ngiklan

Keuntungan mengiklan di TV adalah kreatifitas penyampaian yang tidak terbatas. Ada yang dikemas dalam bentuk animasi 2D/3D, ada yang berupa testimoni (masih ingat iklan detergen dan sabun pelembab yang menampilkan testimoni ibu-ibu dan mbak-mbak seperti sedang diinterview? Swing… swing… swing), ada yang sangat simpel tapi diulang-ulang sampai 3x (good… good… good), ada juga yang menampilkan jingle keren pembawa identitas si produk. Menurut saya, yang paling bagus adalah yang terakhir. Karena sepertinya niat betul mengemasnya. Apalagi iklan-iklan jaman dulu yang sepertinya lebih kental dalam mengangkat tema ke-Indonesia-an. Kebudayaan, kekayaan alam, keramahan orang-orangnya, dan kehebatan-kehebatan lain yang dimiliki oleh negeri ini. Berikut adalah 10 iklan TV dengan jingle paling populer, versi saya:

1. Bentoel

Salah satu iklan produk rokok bernuansa warna biru yang sempat ngetren pada masanya.

I love the blue of Indonesia, it’s the flavor in the air
I love the blue of Indonesia, you can taste it everywhere
I love the blue of Indonesia, it’s my kind of blue

2. Indomie

Salah satu iklan favorit saya. Jingle-nya bagus dan mendamaikan. Yang membuat terkesan adalah pernah dibuat menjadi banyak versi. Versi lebaran, versi puasa, versi kemerdekaan, dan versi-versi lainnya. Liriknya beda-beda, tapi tagline jingle-nya tetap lekat dengan selera nusantara. Ada yang tidak hapal? Ini salah satu contoh liriknya:

Dari Sabang sampai Merauke
Dari Timor sampai ke Talaud (jadi ingat Timor Timur yang sudah bukan menjadi bagian NKRI)
Indonesia tanah airku Indomie seleraku
Indomie Indomie seleraku. Indomie dari dan bagi… Indonesia

3. Frutillo

Jujur, saya sebelumnya tidak tahu Frutillo itu produk apa. Haha. Mungkin karena penjelasannya tidak masuk di otak saya. Yang benar-benar masuk hanyalah jingle-nya.

Percaya.. percaya.. percayalah
Kubilang kamu lebih menggoda
Ah.. aku tahu apa maumu
Puaskan dahaga haus legamu lebih dari biasa hadirkan keceriaan
Frutillo kita berpadu yang lain pasti tergoda… fruti lho

4. Susu Ultra

Jingle dari Susu Ultra yang pernah ditayangkan di SCTV sekitar tahun 90an ini adem banget kalau didengarkan. Seakan-akan menyampaikan pesan bahwa ada produksi susu berkualitas dari pegunungan yang cocok untuk dikonsumsi oleh orang-orang kota. Nice…

Mentari pagi indah berseri
Ini awal kesibukan kita
Semuanya sehat aktif ceria dengan Susu Ultra
Yang disukai dari Ultra Jaya

5. Mc.D

Tagline “mana lagi” sempat booming pada saat pertama kali didirikan sekitar tahun 90an awal. Padahal istilah “mana lagi” sebelumnya dikenal banyak orang sebagai salah satu varian buah mangga. Begitu iklan tsb keluar, istilah “mana lagi” langsung terasosiasi dengan “selain di Mc.D”. Hebat yang bikin…

Mana lagi negeri seindah ini
Anugerah ilahi kehidupan abadi
Walau beragam budaya
Bersatu dalam cinta
Berjuta rasa kelezatan
Yang McD persembahkan

Mana lagi
Mana lagi selain di McD
Suasana ceria semua istimewa
Mana lagi selain di McD
Mana lagi
Mana lagi selain di McD
Suasana ceria semua istimewa
Mana lagi 2x selain di McD

6. Djarum Coklat

Iklan dari salah satu produsen rokok terbesar di Indonesia. Sebelumnya, ada dua brand yang pernah ditayangkan, Djarum Coklat dan Djarum 76. Tapi semakin ke sini yang Djarum 76 diganti dengan seri tokoh jin jawa yang kocak dengan khas, “kukabulkan 1/2/3 permintaanmu, monggo”.

Djarum coklat saat tepat
saat melepas gundah hati
hanyut dibuai rasa mantap
Senang mengenang hati puas
Djarum2x coklat
Saat santai larut dalam malam permai
Suasana seimbang tepat jadi nikmat Djarum Coklat

7. Djarum 76

Ini adalah versi jingle-nya sebelum muncul seri jin. Terlalu banyak versi liriknya, jadi bingung yang mana yang mau dituliskan. πŸ˜€

8. Yamaha

Iklan bernuansa jingle dari Yamaha termasuk lumayan baru (2007). Konsep rebranding-nya sepertinya sukses dengan tagline, “semakin di depan”.

Bila kita terus rapatkan barisan
Dan tetap terus bergandengan tangan
Tentu kita semakin di depan
Langkah langkah yang telah tertempuh
Melesatkan kita ke tujuan
Waktu waktu terus buktikan cuma kita yang semakin di depan

9. Kopiko

Dulu, sebelum banyak produk minuman kemasan, yang populer adalah permen. Rasanya macam-macam. Dari rasa buah-buahan kenyal, yang rasanya rame, sampai ada juga yang rasa kopi. Kopiko adalah salah satu permen yang khas dengan rasa kopinya, hingga muncul tagline, “Kopiko, gantinya ngopi”.

Bila mata ngantuk tapi anda sibuk
Tak sempat ngopi
Ambil saja kopiko
Kopi permen kopiko
Ambil saja kopiko
Kopi permen kopiko

10. Pepsodent

Iklan dengan jingle paling favorit diantara kesembilan lainnya, versi saya. Tapi sayang tidak menemukan link youtube-nya. Adanya hanya versi gubahan choir acapella cover seperti video di bawah ini.

Aku gigi mulut rumahku
Agar sehat dan kuat
Aku harus disikat setiap hari
Sehabis makan dan sebelum tidur
Dengan pasta gigi berflouride
Makan makanan bergizi

Dan setiap 6 bulan sekali pergi ke dokter gigi

Sehat selalu senang rasanya

Advertisements

65 thoughts on “10 Iklan TV dengan Jingle Paling Populer

  1. Mbah. Gambar itachi sendiri? Eh apa sasuke? Haha. Keren. Aku gak inget dua dari 10 itu mbah. Paling seneng sama bentoel. Sampai hapal banget. Iklan McD juga bagus banget bangun image. Ah jaman jaman itu bagus bagus iklane.

    Liked by 1 person

    1. Aku gigi mulut rumahku
      Agar sehat dan kuat
      Aku harus disikat setiap hari
      Sehabis makan dan sebelum tidur
      Dengan pasta gigi berflouride
      Makan makanan bergizi

      Dan setiap 6 bulan sekali pergi ke dokter gigi

      Sehat selalu senang rasanya

      **biar makin eneg 😈

      Liked by 1 person

  2. Aku suka tuh iklan nya Djarum Coklat, sampe hafal liriknya, dulu bintang iklannya kan si aktor hmm.. aduh sampe lupa hahah, ah bintang iklannya juga salah satu favorit saya. Ganteng, kalem, manis lagi πŸ˜€

    Liked by 1 person

  3. Aku inget iklan Mitu (tissue basah). Ambil mitu.. ambil mitu.. mitu lagi.. mitu lagi, ambil mitu! Gambarnya daily life gt.. trus orang2nya pada ngambilin tissue basah yg berguna buat macem2 heheehhe

    Liked by 3 people

      1. merek itu memang merek luar negeri, sama seperti kfc, texas chicken, dll. Tapi pengusaha Indonesia membeli hak franchise dari mereka untuk dibuka di sini, jadi semua yang di Indonesia ada dalam pengelolaan pengusaha itu.
        Kecuali CFC ya, itu pure Indonesia owned brand

        Like

      1. Haha, mungkin sayanya aja yang jarang merhatiin jinglenya Mbah *ikut memanggil Mbah* πŸ™‚ cuma iklan Dancow aja yg masih lekat di ingatan

        Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s