pacman di google map

Ada PacMan di Google Map


Bismillaah…

Ada-ada saja ulah programmer Google. Hari ini, tanggal 1 April ketika membuka browser dan menyematkan URL Google Map di teks perambanan, kita akan langsung diperlihatkan sebuah kotak menu di kiri bawah di sebelah kotak menu Google Earth yang sebelumnya memang tidak biasanya ada. Dan setelah saya klik, eh ternyata memang bener, ada surprise dari Google. Tiba-tiba layar Google Map saya berubah menjadi tampilan berformat piksel 8 bit seperti tampilan game konsol tahun 90-an dengan game andalannya, PacMan.

pacman di google map
PacMan di Google Map

Kalau tidak salah info, keisengan bertema PacMan ini adalah dalam rangka memperingati April mop yang diperingati setiap tanggal 1 April. Sekaligus sebagai teaser awal film Pixels yang rencananya akan rilis bulan Juli tahun ini. Tapi jujur, saya sih tidak peduli dengan April mopnya. Apalagi film-nya. Yang saya acungi jempol yaa… cuman sebatas kekreatifitasan si Google dalam menghadirkan sesuatu yang beda. Coba deh mainkan. Lumayan kok bagi yang ingin bernostalgia game-game konsol di era 90-an.

Bagian yang membuat saya kagum adalah tampilan jalan rayanya yang dirender secara ciamik menjadi track permainan si PacMan dengan musuh-musuhnya. Jadi memang benar-benar dinamis spesifik berdasar lokasi Google Map yang kita sorot. Kalau memang tidak terdapat jalan yang terdeteksi oleh Google, atau faktor skala yang terlalu kecil, biasanya akan muncul pesan, “Tampaknya PAC-MAN tidak dapat dimainkan di sini. Jalanan di wilayah ini tidak cukup bagi PAC-MAN untuk berkeliling. Pindahkan peta atau coba keberuntungan Anda di lokasi acak”.

pacman di google map
PacMan di Google Map

Biasanya, Google kalau bikin sesuatu itu benar-benar niat. Di PacMan Google Map pun juga demikian. Gamification-nya dibuat lumayan nyentrik dengan beberapa quest yang walaupun saya baca berulang-ulang pun tetap ga ngerti. Haha. Dan juga terdapat beberapa penjelasan rules hingga poin-poinnya. Check it out!!

pacman di google map
PacMan di Google Map

Dan berikut ini adalah beberapa contoh quest-nya. Nada-nadanya sih lokasinya di Amrik sono. Ah, entahlah, saya juga ga terlalu peduli. Just enjoying the show.

  • Jangan turunkan bola waktu di malam kemenangan Anda!
  • Kemenangan terasa délicieux.
  • Apakah bonus Galaxian menunggu di puncak 272 anak tangga tersebut?
  • Kunyah terus melalui tujuh jalur jalan terlebar menuju kemerdekaan di bulan Juli.
  • PAC-MAN dan Ms. PAC-MAN tidak bisa mencapai kesepakatan tentang sisi mana yang lebih bagus: Amerika atau Kanada.
  • Sisi mana yang Anda sukai, eh?
  • Setelah mengobrol dengan Sphinx, PAC-MAN terdengar lebih mirip “Dokki Dokki”.
  • Berhenti bermain game sesaat untuk mengagumi jendela berkaca patri Chagall dan mencicipi cokelat.
  • Bisakah Anda meraih 10^(10^100) poin?
  • Apakah berkedip biru atau mengenakan warna alami mereka, Blinky, Pinky, Inky, dan Clyde selalu kakkoii. Bahkan Vogue sependapat bahwa mereka tinggal di lingkungan yang paling trendi.
  • Nyawa PAC-MAN sebelumnya tidak beristirahat di mausoleum marmer putih.
  • Pergilah ke lembah matahari dan raih ijazah dalam seni game.
  • Seberapa baik Anda bisa melalui jalan yang bercahaya di distrito federal?
  • Keberhasilan terdengar seperti musik glockenspiel gotik di telinga kita.
  • Beri perhatian khusus pada Blinky – ia mungkin membaur di antara kanguru merah di alam mimpi!
  • Anda akan segera menemukan Piala Dunia PAC-MAN Pantai di sini.
  • Segera datang kembali untuk petunjuk lainnya!

**Disclaimer: Tulisan ini tidak diikutkan dalam event apapun. 😦

44 thoughts on “Ada PacMan di Google Map

  1. Hahaha google selalu kocak tiap April Mop ini. Tahun lalu kalo gak salah yg bisa nyari wangi-wangi itu, aku lupa namanya. Tapi itu dikonfirmasi setelah beberapa hari, jadi orang-orang udh pada heboh nyiumin layar ternyata boongan 😀

    Liked by 1 person

      1. Haha iya Mas, aku jg taunya dari twitter orang-orang. Jadi misal kita nge-search baunya John Mayer kayak gimana, ntr ada tampilan di layar yg mesti kita endus-endus dan dipercaya itu baunya. Kocak banget.

        Liked by 1 person

  2. Barusan coba main Pacman di Monas :haha. Gagal terus euy. Saya memang tidak terlalu ahli untuk game-game seperti ini :hehe. Tapi menyenangkan sekali bisa memainkannya.

    Liked by 1 person

      1. Kesel juga sama empat setan kecil ini. Dikejar terus sayanya. Giliran sudah makan peletnya, semua malah ngabur. Apa maksudnya coba? *laah?* :wkwk.

        Liked by 1 person

    1. Sabar, mbak Ncuss… 😀 memang sih, di Indonesia ini masih jauh kalau soal koneksi internet, secara keseluruhan maksudnya… walopun ada gembar-gembor 4G tp kalo daerah penyebarannya cuman lingkup jakarta dan sekitarnya saja yaa ga ada beda… 😦

      Like

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.