ATM windows xp

ATM Bermasalah


Bismillaah…

Entah mengapa akhir-akhir ini saya (cukup) sering mengalami masalah ketika berinteraksi dengan ATM. Tapi bukan masalah yang gimana-gimana gitu **maksudnya apa ya?**. Maksudnya bukan masalah-masalah berat seperti perampokan (naudzubillaah), atau kartu ATM yang tertelan tertukar, atau saldonya yang… alhamdulillaah **ini mah masalah klasik bos**. Maksudnya itu masalah yang jarang terjadi, yang saya alami sebulan terakhir ini.

Processing-nya lama sekali

Yang pertama adalah soal lamanya waktu proses di ATM. Kalau lama di antrian orang-orangnya itu mungkin sudah biasa. Tapi kalau lama dari sisi respon sistem ATMnya, itu yang agak aneh menurut saya. Bukan apa-apa, saya itu kalau sudah berurusan dengan mesin digital, seringnya masih ada mosi tidak percaya. Mau secanggih apapun, di benak saya yang namanya mesin atau komputer pasti ada celah kesalahan (bug) yang mungkin bisa muncul. Lha wong manusia saja bisa salah dan lupa, apalagi mesin yang diciptakannya.

Saya pernah mengalaminya. Cukup lama, sekitar 3 menit untuk sekali proses transfer. Proses transfer itu maksudnya saya sudah isi semua parameternya, baik nomer rekening tujuan maupun jumlah yang ditransfer. Lalu saya klik “Ya”. Nah, dari sinilah waktu 3 menit itu berlangsung. Kalau soal pengoperasian mesin ATM, percayalah tidak ada isu di situ, mental operations saya lumayan kok. Biasanya untuk cek saldo dan mengambil uang tunai hanya memerlukan waktu kurang dari 30 detik. Saya sih menduga ada problem terkait koneksi jaringannya. Tapi apakah tidak ada mekanisme time out ya? Apalagi tidak ada notifikasi sama sekali, entah berupa bunyi “beep” atau pesan teks gitu. Bahkan saya tekan “Cancel” pun tidak bisa. Heh?!

Tombol tidak sesuai dengan yang tertera di layar

Yang kedua, saya pernah melihat tombol ATM yang fungsinya tidak bersesuaian dengan letaknya. Misal, untuk pengambilan uang tunai kan biasanya sudah ada beberapa nilai default yang disediakan by template. Nilai-nilai default ini tidak semua bank sama. Tapi rata-rata terdiri dari pecahan-pecahan rasional yang biasanya orang ambil, katakanlah 100 ribu, 300 ribu, 500 ribu, 1 juta, 1.5 juta, dan 2 juta. Nilai-nilai default ini sebenarnya ditujukan agar nasabah lebih cepat dalam mengoperasikan mesin ATM. Seperti tombol shortcut lah intinya. Jadi tidak perlu berlama-lama mengetikkan jumah uang yang hendak diambil. Nah, yang sempat membuat saya heran adalah jumlah yang keluar itu tidak sesuai dengan tombol yang saya tekan. Saya yakin betul bahwa yang saya tekan adalah tombol paling atas sebelah kiri, yang artinya nilai default yang paling kecil, 100 ribu. Tapi keluarnya 200 ribu. Ada kemungkinan saya salah mencet dengan tombol di bawahnya. Tapi kan harusnya yang keluar 300 ribu. Hmm… aneh… ya sudahlah. Tapi sayangnya saldonya tetap berkurang 200 ribu. 😛

ATM restart

Kasus yang terakhir, baru sekalinya saya mengalami. Ya, ATM-nya restart sendiri. Perasaan, ATM itu di-restart kalau pas ada petugasnya datang, pas mau refill uangnya. Ya bukan ya? Atau saya saja yang ndeso. Hehe. Karena kepo, ya sudah, saya pantengin saja sekalian, mulai dari booting sampai jalan lagi aplikasinya. Rupanya spek komputernya terhitung jadul. Kalau tidak salah ya… prosesor masih menggunakan Pentium 4, RAM masih di kisaran 512MB, dan OS-nya menggunakan Windows XP. Berhubung sudah kepalang kepo, pas proses booting sengaja saya pencet-pencet semua tombolnya. Berharap ada sesuatu yang terjadi. Dan ternyata benar, proses booting-nya sempat ter-interrupt. Komputernya restart lagi dari awal. 😀 Tapi saya tidak berani melakukan yang lebih jauh lagi, soalnya ada satpam yang sedari tadi mengawasi gerak-gerik saya. Foto pun hanya sempat terambil satu jepretan. Ssssttt…

IMG698

9 thoughts on “ATM Bermasalah

  1. Oh my..
    aku juga pernah mengalami ATM lemot. Setelah memasukkan kode pembayaran yang lumayan mahal, responnya lama banget sampai bingung dan panik.
    Setelah sekian menit kemudian, kartu ATM mendadak dimuntahkan dan aku langsung ngacir ke ATM samping…

    Liked by 1 person

Leave a Reply

