Jonny Depp - Kurang Tanggap

Kurang Tanggap


Bismillaah…

Saya kadang suka memperhatikan, kebanyakan orang sekarang tidak cepat tanggap. Entah apakah hanya perasaan saya saja yang mengatakan demikian, atau memang sudah menjadi kondisi umum bahwa sekarang kecenderungannya kehidupan bermasyarakat itu mengarah pada individu-individu yang apatis dan tidak empati.

image

Pernah saya mengalami kejadian yang agak membuat “heh?!”. Kira-kira mirip seperti ekspresi “heh?!”nya Johnny Depp pada film Pirates of Carribean. Walaupun mungkin tidak seganteng yang bersangkutan.

Begini, waktu itu kondisi jalanan agak macet. Seperti biasa, jam-jam pulang kantor adalah saat yang sibuk di jalanan. Bagi yang sering melintasi kawasan Pasteur, Bandung, mungkin tahu ada lorong atau underpass persis di bawah pintu tol Pasteur. Jalan underpass ini merupakan salah satu jalur utama bagi yang akan menuju Cimindi – Cimahi atau menuju Bandung bagian barat untuk yang berlawanan arah.

Nah, suatu ketika ada mobil pickup mogok pas melintasi underpass. Kebetulan ada banyak pengendara motor di belakang pickup tersebut, termasuk saya salah satunya. FYI, lebar jalan underpass untuk satu arahnya terhitung sangat sempit, hanya selebar satu buah mobil. Dan masing-masing ujungnya merupakan tanjakan. Otomatis lalu lintas langsung berhenti total. Nah, bagian yang membuat saya “heh?!” itu ketika sontak sorai para pengendara motor yang ada di belakang langsung menyalakan klakson dengan kencangnya. Bahkan ada yang teriak “WOOOYYY MAJU WOOYY”. Yang paling mepet dengan pickup pun juga melakukan hal yang sama. Terus-terusan lagi.

“Heh?!”.. mau diklakson sampai kapan juga ga bakalan jalan. Namanya juga mogok. Kebetulan, saya sendiri sudah berada di posisi bagian belakang pickup dan siap untuk mendorongnya bersama beberapa pak ogah dan pejalan kaki yang langsung tanggap atas situasi yang menimpa si pickup.

Alhamdulillah, arus lalu lintas kembali normal. Saya pun bergegas menuju motor saya yang tertinggal di belakang. Dan tebak apa yang terjadi. Belum juga saya menyalakan motor, sudah ada yang mengklakson lagi dari belakang saya. “Woy mas, jalan dong”. Allaahuakbaaar… seandainya waktu itu bukan bulan Ramadhan, mungkin sumbu pendek saya sudah terbakar habis. Tapi… ah sudahlah. Mungkin mereka ingin menyegerakan berbuka puasa bersama keluarga di rumah.

Tipikal kejadian seperti ini terus terang ga enak. Apa iya orang-orang sekarang sampai seapatis itu. Apa bener kebanyakan orang sudah tidak punya lagi rasa empati sosial sebagaimana mestinya. Apa betul sudah sangat sedikit orang yang langsung tanggap, seperti pak ogah dan pejalan kaki yang sangat helpful tadi. Semoga saya salah.

———————————
Sumber gambar:
http://www.smosh.com/smosh-pit/articles/dumbest-johnny-depp-quotes

11 thoughts on “Kurang Tanggap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s