Cerdasnya Pembuat Soal TPA


Bismillaah…

Tes-TPA-Online1

Sudah pada tahu kan yang namanya TPA (Tes Potensi Akademik)? Yaitu sebuah tes yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan atau akademis1. Tes ini biasanya diselenggarakan oleh instansi tertentu untuk proses seleksi. Rata-rata sih untuk keperluan instansi pendidikan, seperti seleksi masuk perguruan tinggi, seleksi penerimaan dosen / pengajar, atau seleksi-seleksi lainnya yang bersifat akademis.

Sebuah soal TPA pada umumnya terdiri atas tiga bagian: kemampuan verbal, penghitungan secara numerik, dan penalaran atau logika. Ketiga bagian ini sudah merupakan standar yang diterapkan dimana-mana termasuk versi internasionalnya, GRE (Graduate Record Examination). Tapi tidak tahu lagi ya kalau ternyata ada standar lain yang digunakan. Teman-teman yang pernah atau sedang menempuh pendidikan di luar negeri barangkali dapat berbagi infonya.

Kemarin, saya iseng memperhatikan teman saya yang nampak sedang serius latihan mempersiapkan TPA-nya untuk seleksi penerimaan dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung. Kebetulan saya tertarik pada beberapa pertanyaan di bagian numerik, yang salah satu pertanyaannya adalah seperti ini2:

Sebuah bangun ruang berada di atas lantai dan disusun oleh 12 kubus-kubus kecil yang bervolume 8 cm³. Tinggi bangun ruang tersebut adalah 2 kubus dan ternyata tingginya sama dengan lebar bangun ruang tersebut. Jika bangun ruang tersebut dijadikan meja dan diatasnya diberi taplak berbentuk segi empat yang semua ujung-ujungnya menyentuh lantai sehingga tidak terlihat lagi kubus-kubus kecil tersebut, maka berapakah luas taplak yang dibutuhkan?

Setelah sejenak berpikir, kebanyakan orang “mungkin” akan membayangkan susunan kubus-kubusnya, lalu langsung menghitung jumlah luas sisi-sisi bangun ruang tersebut, kecuali sisi bagian bawah. Tapi mungkin sebagian orang akan membayangkan taplaknya terlebih dahulu. Yang jelas, di situ disebutkan bahwa taplaknya berbentuk segi empat, bukan berbentuk permukaan yang menutupi bangun ruangnya.

tpa-bangun-ruang

Moral ceriteranya apa? **mengutip kata-kata salah satu dosen favorit saya semasa kuliah pemrograman di S1. Contoh soal di atas terdapat unsur aplikatifnya di dunia nyata, walaupun sederhana. Bukan semata hanya persoalan hitung-hitungan matematis yang cenderung membosankan bagi kebanyakan orang, seperti yang pernah diajarkan kepada saya di sekolah dulu. Seolah-olah kehidupan sekolah hanya berupa rumus dan angka, tanpa bisa membayangkan seperti apa penerapan di dunia nyatanya. Saya sih selalu berharap, semoga pendidikan di negara ini sekarang jauh lebih baik daripada yang saya alami dulu. Mungkin sudah.

Contoh lain yang serupa dan tidak kalah aplikatifnya:

Sheanie, Niesa, dan Dita masing-masing membawa lidi yang panjangnya 12 cm, 5cm, dan 13 cm. Jika ujung-ujung lidi dipertemukan di atas tanah, maka luas tanah maksimal yang dibentuk dari lidi-lidi tersebut adalah…

Moral ceriteranya lagi, bahwa kadang persoalan kehidupan nyata itu dapat diselesaikan secara tricky, tidak melulu harus based on text book. Coba saja rentangkan dan hubungkan tiga lidi hingga membentuk segitiga. Apakah bentuknya bisa berubah-ubah? Perlukah dicari bentuk yang seperti apa yang luasnya maksimal? Saya masih membayangkan, sekolah-sekolah pendidikan dasar di negara ini sudah bermaterikan soal-soal yang aplikatif dan imajinatif seperti dua contoh sederhana di atas.

Semoga bermanfaat…

———————————————————–
1 http://id.wikipedia.org/wiki/Tes_Potensi_Akademik
2 https://nafismudrika.files.wordpress.com/2010/03/tpa-101.pdf

3 thoughts on “Cerdasnya Pembuat Soal TPA

  1. lek kata-kata sing sering tak nggo neng ngajar pemrograman “filosofi dari algoritma ini adalah… dalam hidup… bla bla bla” hiihihihii… /*aku kan yo dadi dosen pemrograman :D*/
    aku seneng sinau filsafat…

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s