Buku Anak dari Jepang


Bismillaah…

DSC_8367-3

Kemarin, saya iseng membongkar-bongkar kotak mainan anak saya, yang sekarang berumur 2 tahun 4 bulan. Baru nyadar kalau ternyata mainan anak itu bisa menumpuk berkardus-kardus seiring dengan perkembangan umurnya. Sehingga sering sekali rumah saya itu sudah seperti kapal pecah, acakadut, berserakan mainan-mainan anak saya. Tapi uniknya, mainan anak saya ini kebetulan hampir 95% adalah berupa mobil-mobilan dan jenis turunannya. Kalaupun ada buku ya buku bergambar mobil. Kalaupun ada puzzle ya gambarnya juga mobil. Bahkan mainan telpon-telponan pun ada rodanya. Entah mengapa anak saya ini suka sekali dengan mainan mobil-mobilan. Mungkin karena laki-laki kali ya. Dia sering menyebutnya dengan istilah “bum-bum“, mungkin dari kecil sudah terbiasa dengan bunyi mobil “buum… buumm…” yang sering saya tunjukkan.

Saya baru ingat, kalau anak saya pernah diberi oleh eyangnya bermacam koleksi buku lama mengenai alat transportasi, pelayanan umum, dan industri. Tapi buku-buku ini bukan berasal dari Indonesia. Kalau dilihat dari tulisan di cover-nya sih tulisan Jepang. Kerennya, buku-buku ini bagus sekali, baik dari bahan material kertasnya, hingga substansi kontennya. Dari segi bahan, buku ini buku lama, cetakan sekitar tahun 70-80an, tapi masih terlihat bagus dan kokoh. Nah, apalagi kontennya. Terlihat benar-benar dikonsep dengan apik, interaktif, dan mungkin bisa lebih menstimulasi anak untuk tertarik mempelajarinya.

DSC_8372-4

DSC_8374-6

DSC_8391-7

DSC_8380-6

DSC_8385-1

Pertanyaan saya, ada yang tahu tidak buku buatan Indonesia yang mirip seperti ini? Belinya di mana ya? Kalau sampai tidak ada, terus terang saya sedih. Jepang dari tahun segitu saja sudah benar-benar kreatif bisa membuat buku anak interaktif. Masa kita sekarang belum mampu membuat buku-buku interaktif semacam itu. Mungkin cukup menjelaskan mengapa kita ketinggalan jauh dengan Jepang dari sisi teknologi. Lha wong hal yang paling mendasar, seperti materi pendidikan anak pun mereka sudah sangat memperhatikan. Semoga pendidikan kita juga menuju ke arah yang sejalan dengan mereka. Aamiin.

**mikir…

5 thoughts on “Buku Anak dari Jepang

  1. Wah bagus ya kalo anak-anak masih suka buku. Balita jaman sekarang mainannya iPad gitu .. Pernah saya ajak anak temen ke toko buku dan dia minta pulang. Lebih suka nonton yutub katanya. Digital Native😀

    Like

    1. iya, itu mungkin juga bagian dari pergeseran metode… kalau dulu buku kertas, sekarang buku digital…😀
      tapi memang ada kelebihan dan kekurangan masing-masing… kalau menurut saya, yang tidak bisa digantikan dari buku model interaktif seperti ini adalah tekstur dan interaksi fisiknya…

      Like

Leave a Reply

